Sudah berbulan-bulan lamanya saya berhenti menulis. Padahal sudah banyak ide-ide tulisan yang ditulis di Windows Notebook dan tiba-tiba saja bencana "gak sengaja memformat harddisk" terjadi, ya ilang semua deh isinya. Belajar dari kesalahan yang lalu agar tidak sepenuhnya percaya pada penyimpanan digital dan juga salah satu tips menulis yang saya dapat dari MotivaTweet bahwa menulis dengan tangan dibandingkan dengan mengetik itu lebih memiliki rasa dibandingkan dengan hanya mengetik. Selain itu menurut saya kita jadi punya arsip fisik dari tulisan-tulisan yang kita muat di blog. Meskipun akan banyak berubah ketika dipindah ke blog, setidaknya coret-coretan tersebut akan memunculkan ide kembali dan bisa direuse.


Pada suatu waktu saya coba untuk blogwalking kembali, siapa tahu dapat ide baru untuk menulis. Dan saya pun mendapatkan tulisan dari narablog Nukman yang menulis tentang semangat ngeblog yang padam. Ternyata salah satu penyebab seorang blogger berhenti ngeblog salah satunya adalah munculnya microblog-microblog seperti FB, Twitter, Tumblr, dan Google+. Selain itu blogger lebih sering kehilangan arah atau alasan mengapa mereka mulai membuat blog.

Maka saya mulai ingat-ingat lagi mengapa dulu saya ingin membuat blog. Selain dulu sedang maraknya Blogger dan Wordpress, juga kemudian saya suka mengutak-atik halaman template Blogger yang memperkenalkan saya dengan dasar Web Programming. Kini saya juga mewujudkan mimpi saya menjadi "Techno Doctor".

Masuknya dunia kini ke dalam era informatika menyebabkan aspek-aspek kultur di masyarakat juga berubah. Terutama dalam hal keterbukaan informasi dan masyarakat (pasien) yang semakin cerdas. Media massa yang semakin kritis juga dapat menjadi ancaman profesi dokter karena berita-berita yang kurang benar atau kurang paham tentang ilmu atau profesi kedokteran itu sendiri. Apabila dokter kini tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada, tentu dokter semakin kelimpungan dengan cepatnya informasi yang beredar.

Kesimpulannya, mulai hari ini saya coba aktif menulis kembali minimal seminggu sekali dan akan ada posting baru setiap hari sabtu atau minggu (weekend). Doakan saya ya :)

0 comments:

Post a Comment