Tadi malam, tepatnya tengah malam aku dapet sms dari seorang teman dekat. "Aku masuk UGD". Busyet, aku langsung kaget laah, soalnya kita habis makan bareng di warung lesehan yang baru. Kupikir dia keracunan makanan. Setelah aku tanyain kenapa ternyata dia habis minum obat yang baru dibeli malam itu juga.

Sebenarnya masalahnya itu baru dimulai setelah dia minum obat yang diresepkan sama dokter tempat dia periksa. Waktu itu dia kena gejala faringitis akut, trus dia periksa sama dokter di daerah Prambanan gitu, resepnya macem-macem, salah satu obatnya yaitu Teosal (Salbutamol). Pas itu dia lupa bawa obatnya dari rumah tantenya di Prambanan, lengkap bersama obatnya. Jadinya terpaksa harus beli obat yang sama di apotik (hus, gak baku tuh, harusnya apotek). Tahunya ya dismsin obat2nya sama tantenya. Yang bikin rancu tantenya itu nulis teosal salbutamol, padahal kata apotekernya itu obat yang berbeda dan gak ada nama obat yang namanya teosal salbutamol. Ya udah dibeli deh 2-2nya...

Gak tau apakah dia tu nggak tau Teosal dan Salbutamol itu sama apa gak, jadinya dibeli deh 2-2nya, ditambah sama Intunal-F yang didalamnya juga ada bronkodilatornya (yang ini sih udah diresepkan sama dokternya). Emang sih pas beli sama aku, tapi aku juga belom tau kalo teosal sama salbutamol tu sama, lagian aku juga taunya baru setelah searching di internet. Tapi apotekernya diem aja kalo kita beli obat yang isinya sebenernya sama aja.

Kayaknya dokternya tu meresepkan Teosal karena temenku ini ada indikasi sesak napasnya. Padahal suaranya aja bindeng, biasanya karena ada sputumnya, aku mikirnya sih kenapa gak dikasi expectorant aja, soalnya temenku ini badannya kecil juga, kasian juga kalo tekanan darahnya naik.

Teosal atau nama generiknya adalah Salbutamol adalah sejenis bronkodilator (pelega napas) dan juga bersifat adrenergic (memacu adrenalin/vasopressor). Jadi kalo pemakaiannya berlebihan akan menyebabkan denyut jantung meningkat, tekanan darah naik, hiperventilasi (nafas cepat). Efek sampingnya ya mual dan muntah.

Jadinya pembelajaran nih. Walopun mahasiswa kedokteran, tetep aja gak usah sok tahu sama obat-obatan. Ni juga jadi peringatan ni soalnya aku males banget sama yang namanya ngapalin nama-nama obat(weks).

3 comments:

Anonymous said...

mo tambahin info aja :
kalau TEOSAL itu isinya kombinasi salbutamol dan theophylline, yang memang diindikasikan sebagai bronkodilator.

so hati-hati dengan penggunaan obat ya
terutama untuk obat dengan brand nya dan generik nya... bisa double obat deh...

Aldeetropolis said...

iya nih...tu dokter ngasal ngasi obatnya...akibatnya hiperventilasi deh...

Unknown said...

waduh...calon dokter itu ...,yahh harus dan wajib hafal seluk beluk obat obatan donk...ini kan masaalah nyawa manusia...jadi yang dihafal itu jangan hanya obat obat yang komisinya gede saja...he...he..

Post a Comment