SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA


Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA


Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA


Djakarta, 28 Oktober 1928

Itu tadi adalah cuplikan naskah Sumpah Pemuda yang diikrarkan tepat 81 tahun yang lalu oleh pemuda-pemuda dari berbagai daerah di Indonesia. Selamat Hari Sumpah Pemuda, wahai para pemuda. Jangan terjebak dengan gaya hidup hedonismeyang dibawakan para kapitalis, sekuleris dunia. Ingat, negara kita ada karena peran pemuda.


Hehehhee, terlalu bersemangat ah. Kalau dipikir-pikir, sungguh menakjubkan ya. Bagaimana pemuda-pemuda yang berasal daritempat-tempat yang jauh itu bisa mengadakan sebuah pertemuan yang bersejarah. Bayangkan saja, di saat itu mungkin pemuda Indonesia belum ada telepon. Jalur komunikasi melalui radio pun mungkin dipersulit oleh Belanda. Seakan membuktikan bahwa kekuatan cita-cita dan semangat persatuan mampu menyatukan pikiran dan hati mereka, sejauh apapun jarakyang mesti ditempuh.

Kemerdekaanada karena campur tangan pemuda. Semangat kebangkitan pun dipelopori oleh pemuda. Artinya perubahan itu ada karena pemuda.

Sekarang aku adalah pemuda. Kalian pun pemuda. Kenapa tidak berani membuat perubahan?

1 comments:

palomafagan said...

TITIAN HELIX EARLINGS – TITIAN HELIX ARTIS - TITIAN
TITIAN HELIX ARTIS. TITIAN HELIX ARTIS. TITIAN HELIX ARTIS. TITIAN titanium steel HELIX ARTIS. TITIAN titanium white acrylic paint HELIX ARTIS. TITIAN HELIX ARTIS. titanium mens wedding bands TITIAN titanium nose stud HELIX ARTIS. TITIAN HELIX ARTIS. silicone dab rig with titanium nail

Post a Comment